Berakhirnya Kekuasaan Castro

Bismillahirrohmanirrohim.
Assalammu
‘alaikum Wr Wb.

Setelah berkuasa 49 tahun, Presiden Kuba Fidel Castro yang tengah sakit menyatakan mundur dari jabatannya. Castro yang sudah tak terlihat di depan publik sejak 18 bulan terakhir mengeluarkan pengumuman resmi itu melalui sepucuk surat yang di terbitkan koran resmi Partai Komunis Kuba, Granma. Untuk menjalankan pemerintahan Castro menunjuk adiknya Raul Castro memimpin Kuba, “ Untuk rekan-rekan seperjuangan dan Anggota Parlemen yang selama ini telah mendukung serta memilih saya, saya sampaikan kepada Anda, saya tidak ingin dan tidak mau lagi, saya tegaskan saya tidak ingin dan tidak mau lagi menduduki Jabatan Presiden, Dewan Negara dan juga Panglima Tertinggi”, kata Castro dalam suratnya tersebut.

Pria berusia 81 tahun itu telah memerintah Kuba sejak memotori revolusi komunis tahun 1959. Castro juga mengatakan tidak akan menerima jabatan baru mengingat kondisi kesehatannya yang kian melemah, dia mengeluarkan pengumuman resmi itu di tengah pelaksanaan sidang paripurna Majelis Nasional yang berlangsung sejak Minggu 17-02-2008. Acara puncak, yakni pemilihan pemimpin Kuba yang baru akan dilaksanakan hari Minggu 24-02-2008 mendatang.

“Waktunya kini telah tiba untuk mengajukan dan memilih Dewan Negara, Presiden dan Wakil Presiden, ” tambah Castro. Banyak pengamat memperkirakan Majelis Nasional akan memilih Raul Castro (76) sebagai pengganti Castro. Sang Presiden sudah lama tidak terlihat di depan publik kendati Perintah Kuba menerbitkan foto dan video yang memperlihatkan Castro menemui para pemimpin negara lain yang berkunjung ke Kuba. (Lampost 20.02.2008/BBC/AFP).

Wassalammu,alaikum Wr Wb.

Pos ini dipublikasikan di Tokoh dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s